Lakukan 5 Hal Ini Supaya Bisa Menjaga Hubungan Baik dengan Keluarga Besar Suami!

Pengantin-pria

Budaya kita yang senang berkumpul dan dekat dengan keluarga besar terkadang memang bisa menjadi dua mata sisi uang yang bertolak belakang jika dihubungkan dengan pernikahan kita sendiri.

Katakan saja, hubungan kita sebagai menantu di mata mama mertua, adalah hal yang kadang dirasa sangat sulit, bahkan jauh sebelum kita menikah.

Memang banyak hal yang harus kita siapkan supaya bisa masuk ke dalam keluarga suami dan diterima. Apalagi untuk kemudian mempunyai hubungan baik dengan keluarga besar pihak suami.

Meski kadang memang sulit, tapi ada kok beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan baik dengan keluarga besar suami. Karena suami tidak akan bisa terlepas dari keluarganya, begitu juga dengan kita, tidak akan bisa terlepas dari keluarga kita sendiri. oleh sebab itu, berikut ini 5 hal hal yang harus dilakukan agar rumah tangga senantiasa terjalin hubungan yang baik.

1. Pelajari Budaya Keluarga

wali-pengantin
image. via loveinglass.wordpress.com

Jika istri dan suami berasal dari satu suku mungkin akan lebih mudah beradaptasi untuk masalah ini, karena dari kecil budaya yang diterapkan sebuah suku biasanya sama. Hanya tinggal masalah gaya pengasuhan masing-masing keluarga yang berpengaruh pada pandangan seorang anak terhadap segala sesuatu.

Tetapi, untuk pasangan berbeda suku, diperlukan kerja ekstra untuk lebih bisa mengetahui kebiasaan dan kebudayaan sukunya.

2. Berpikiran Terbuka

wanita-muslimah
image. via m.bukalapak.com

Kita harus berpikiran terbuka. Dengan mempelajari budaya keluarga suami, bukan berarti kita meniadakan identitas budaya bawaan keluarga kita sendiri.

3. Jangan Jadikan Pilihan

nikah-dulu-baru-mapan
image. via wedding.poetrafoto.com

“Setiap keluarga memiliki persoalan dan beban masing-masing.”

Sang istri harus menetapkan batasan dan kesepakatan dengan suami, sejauh mana akan terlibat dengan urusan keluarga besar masing-masing. Biasanya sih kalau sudah menyangkut soal uang, itu sudah mulai menggelitik keharmonisan pasangan suami istri.

Kecemburuan tentang suami yang terlalu mementingkan keluarga besarnya, atau istri yang terlalu mementingkan keluarga besar sendiri, menjadi hal yang seringkali memicu pertengkaran.

Sebaiknya, pasangan suami istri memiliki fondasi yang kuat, pengertian yang luas, dan juga kesepakatan yang jelas, sehingga tidak ada salah satu pihak yang berat sebelah. Jangan jadikan ‘saya atau keluargamu’ sebagai pilihan bagi pasangan kita, karena memang hal ini tidak bisa dijadikan pilihan, tidak membandingkan dua hal yang setara.

4. Jangan Berbagi Masalah Rumah Tangga

kebaikan-pada-janin
image. via azaleav.wordpress.com

“Jika kalian menghadapi masalah, jangan dengarkan orang ketiga, walaupun orang tuamu sendiri.”

Poin penting dari nasihat itu menurut adalah memang bahwasanya yang mengetahui keadaan dalam rumah tangga adalah kita sendiri. Jadi, pendapat yang diberikan bisa saja bias dan tidak signifikan. Kita mungkin memang sedang mencari kenyamanan dengan berbagi beban dengan keluarga, tetapi sedikit orang yang bisa menahan diri untuk tidak berkomentar dan ikut campur.

5. Bersikap Tulus

wanita-muslimah
image. via media.ihram.asia

“Suatu tindakan yang dilakukan secara tulus atau tidak, akan tercermin baik itu oleh diri sendiri maupun orang lain.”

Segala tindakan adat yang memang asing sama sekali mungkin akan membuat kita merasa sendiri. Bahasa yang tidak dimengerti, ritual yang tidak diketahui asal muasalnya, pasti membuat rasa tidak nyaman. Tapi, jika kita bersikap tulus, apa pun yang dilakukan akan terasa ringan. Keterpaksaan bukanlah pilihan.

Sebaiknya kita membuka hati, mengingat sedari awal, semua konsekuensi dengan memilih suami dengan segala perbedaannya dengan istri. Tidak menjauhkan suami dari keluarganya, dan berusaha melakukan segala sesuatu dengan tulus. Walaupun mungkin ada kalanya gayung kurang bersambut, tapi yakinlah semua kebaikan akan berbuah manis.

Simak juga “Meneladani Ibunda Anas bin Malik

Simak juga “3 Pilihan Tempat Tinggal yang Membahagiakan Seusai Nikah

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait