Lakukan 5 tips ini agar si kakak lebih menyayangi adiknya



Bagi para orangtua dalam waktu dekat akan memiliki anak kedua, tidak perlu khawatir dan takut si kakak akan iri kepada adiknya. Untuk itu lakukan 5 tips ini supaya bisa mengatasi kekhawatiran kamu sebagai orangtua agar membuat anak saling menyayangi.

1. Percayalah pada kakak

mempercayai-anak
image. via soorah3.rssing.com

Ini  bisa kamu lakukan dengan hal-hal kecil seperti meminta bantuan. Ini bisa membuat si kakak merasa dihargai dan bakal senang menjalaninya. Si kakak juga akan merasa dipercaya melakukan sesuatu untuk adiknya.

Jangan sampai melarang kakak atau memintanya untuk menjahui adiknya. Sebab ketika kakak di larang, maka dia akan semakin ingin mengganggu adiknya.

2. Jangan membandingkan si kakak dan si adik

jangan-membandingkan
image. via kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com

Hindari membandingkan anak-anak dalam segala hal, pikirkan terlebih dahulu apa yang mau diucapkan sebelum terlontar kalimat membandingkan, karena hal ini bisa menyakiti hati si kakak sedih.

3. Sisihkan waktu dengan si kakak

menyediakan-waktu-bersama-anak
image. via www.katasaya.net

Ini sangat perlu kamu lakukan, jangan biarkan si kakak merasa sendiri, sebab dia akan merasa seakan dilupakan karena kehadiran si adik.

Ajak si kakak melakukan sesuatu, hal ini akan membuat si kakak merasa masih diperhatikan, bahwa dia tidak di lupakan.

4. Libatkan si kakak

bersama-anak
image. via www.kompasiana.com

Saat si adik sudah bisa di ajak bermain, ajak si kakak untuk bergabung. Pastinya si kakak akan merasa senang dan bangga apabila diberi kepercayaan untuk mengajari dan mengasuh adiknya.

5. Berikan kakak pengertian

sayang-si-kaka
image. via www.merdeka.com

Memberikan pengertian pada kakak, bahwa si adik masih kecil dan belum bisa membedakan suatu bahaya. Sehingga kakak akan lebih peduli dengan si adik. Karena dia merasa diberi satu tanggung jawab yang baik dan merasa bahwa kamu sebagai orangtua juga peduli dengannya.

Simak juga

Cara Membangun Perilaku Positif Pada Anak Sejak Dini

6 Nasihat Bijaksana Luqman Al-Hakim untuk Anaknya

3 Cara Ini Membuat Anak Lebih Terbuka Pada Orang Tua

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait