Mari Melatih Anak Shalat Sejak Dini, Agar Mampu Melaksanakan Shalat Dengan Baik Dan Benar



Shalat adalah kewajiban umat islam dan juga sebagai rukun islam yang ke-2, oleh sebab itu sebagai orangtua perlu mengajarkan shalat sejak dini kepada anak dalam rangka membiasakan dan melatih anak. Sehingga saatnya nanti dia mampu melaksanakan shalat dengan baik dan benar. Orangtua harus mampu mengajarkanya, berikut cara mengajarkan shalat supaya terbiasa melaksanakan shalat dengan baik dan benar.

1. Orangtua menjadi teladan dalam melaksanakan shalat

menjadi-teladan
image. via www.satujam.com

Orangtua harus memberikan teladan yang baik kepada anak, selain mengajak tetapi orangtua juga harus melaksanakan, dan memberi contoh shalat yang baik dan benar kepada anak. Karena orangtua sangat berperan terhadap kepribadian anak untuk beribadah.

“Rasulullah saw memerintahkan kepada orangtua agar menjadi teladan yang baik bagi anak-anak mereka.”

Mulanya orangtua mengajak sahalat berjamaah bersama, mengajarkan kepada gerakan-gerakan shalat, dan terus bertahap sampai mampu melaksanakan shalat dengan baik dan benar. Pastinya orangtua harus memanfaatkan kesempatan ini agar tidak menyesal di kemudian hari, karena pada masa ini, anak-anak masih mempunyai daya ingat yang kuat.

2. Rajin melatih dan mengulang

rajin
image. via sudutpandangedward33.blogspot.com

Melatih gerakan shalat dan bacaan shalat hendaknya dilakukan dengan rajin. Karena semakin rajin anak diajarkan dengan diiringi panduan dari kamu, maka anak usia dini akan semakin mampu melakukanya.

3. Buat suasana nyaman dan menyenangkan.

melatih-anak-shalat
image. via majalahsuarahati.blogspot.com

Mengajarkan shalat dalam suasana nyaman dan menyenagkan sangat mendukung dalam melatih anak shalat. Anak tidak akan merasa bosan dan terpaksa untuk mempelajari shalat, sehingga proses latihan akan berjalan dengan lancar. Hingga pada saatnya, anak kamu mampu melaksanakan shalat dengan baik dan benar.

4. Jangan memaksa dalam melatih anak shalat

suasana-senang
image. via www.sabilillah.or.id

Sautu saat anak kamu mengalami yang namanya kebosanan, saat itu jangan sampai kamu memaksa untuk berlatih. Untuk itu kamu harus punya metode mendidik anak, dengan cara kamu berikan penghargaan setiap dia mengalami kemajuan atau bahkan setiap kamu melatih. Toh, hal ini akan membuat anak lebih bahagia dan kamu takan memaksanya untuk berlatih.

Cara diatas perlu kamu lakukan dalam rangka melatih anak sejak dini. Supaya pada saat dia sudah berkewajiban melaksanakan shalat, mampu melaksanakan shalat dengan baik dan benar. Pastinya kamu tahu, bahwa ibadah shalat yang paling utama saat amal ibadah kita di perhitungkan nanti.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait