5 Kecerdasan Ini Dapat Meningkatkan Kemampuan Anak. Peran Orangtua Sangat Berpengaruh



Setiap manusia di ciptakan berbeda-beda, baik jiwa maupun raganya. Begitu pula dengan anak, mereka mempunyai keunikan dan keistimewaan masing-masing termasuk kejeniusanya. Pastinya kita perlu meningkatkan kemampuanya. Untuk itu agar mudah kita ketahui dan bisa mengarahkan anak pada bidang mana dapat meningkatkan kejeniusan. Berikut ini ulasanya.

1. Kecerdasan aksara

membaca
image. via print.kompas.com

Kecerdasan aksara adalah kecerdasan mengolah bahasa, baik lisan maupun tertulis. Kecerdasan ini dapat di tingkatkan, dengan menuntun anak rajin menulis, rajin membaca, dan rajin belajar bahasa asing. Bisa di arahkan ikut les di sekolah ataupun di tempat bimbingingan belajar di sekitar kamu.

2. Kecerdasan logika

kecerdasan-logika
image. via monikaoktora.com

Kecerdasan logika adalah kecerdasan berpikir untuk memahami sesuatu yang terjadi atau yang ditemui. Dalam kecerdasan logika, semua anak mempunyai tingkatan yang berbeda-beda. Untuk itu sebagai orangtua harus mampu menuntun anak untuk selalu meningkatkan kemampuanya dalam kecerdasan logika dengan arahan yang baik.

3. Kecerdasan imaji

menggambar
image. via www.ukhtiindonesia.com

Kecerdasan imaji adalah kemampuan memahami, mengola dan menciptakan imaji dari suatu objek dan ruang. Saat masih kecil, seorang anak sangat tajam dalam imajinasinya. Dalam meningkatkan imaji, orangtua harus memberi kebebasan untuk mengekpresikan keinginanya, selama keinginan itu tidak membahayakan dirinya. Bisa juga dengan mengajak anak menggambar di luar ruangan. Dengan begitu, kamu mampu meningkatkan kejeniusan anak.

4. Kecerdasan tubuh

kecerdasan-tubuh
image. via tkislamdarunnajah10.wordpress.com

Kemampuan dalam menggunakan kecerdasan tubuh saat mengekpresikan ide dan perasaan. Mereka membutuhkan arahan sehingga menjadi positif bagi dirinya dan di sekitarnya. Kamu bisa mengarahkan anak untuk mengikuti pentas drama sekolah atau kegiatan atletik di luar maupun di sekolah. Bisa juga memanfaatkan taman di depan rumah untuk lahita.

5. Kecerdasan musikal

latihan-musik
image. via azizmuhayban.wordpress.com

Membangun kemampuan anak dalam menggali ritme dan melodi dengan mudah. Kecerdasan ini ini sangat mudah dikenali oleh kamu. Kamu bisa mengarahkanya dengan memberi fasilitas bermain alat musik di rumah atau mengikuti program ekstrakulikuler di sekolah. Mungkin anak kamu hobi bermain musik. Untuk itu dukung dia agar menjadi musisi terkenal di Indonesia kelak. Amin

Beberapa jenis kecerdasan di atas, pastinya sudah dimiliki oleh anak. Namun, kadar dan kemampuan nya berbeda. Untuk itu, bagi kamu sangat perlu meningkatkan kemampuanya. demi kebahagiaannya kelak.

“Meningkatkan kemampuan anak dapat di tempuh dengan memberikan perlakuan dan instruksi yang tepat.” [Armstron]

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait