Mau Diterima Kerja? Ajukan 7 Pertanyaan Cerdas Ini Saat Interview

tips wawancara kerja

Interview kerja memang hal yang paling menegangkan yang harus dilalui setiap pelamar kerja. Setelah kamu berhasil melalui beberapa seleksi dan sederetan tes, maka kini saatnya interview langsung menjadi jalan terakhir yang akan menentukan nasibmu, apakah diterima bekerja atau tidak.

Dan, tahukah kamu jika bukan jawaban dan juga sikapmu mu saja yang dinilai oleh para interviewer di sebuah perusahaan? Karena mereka biasanya akan menanyakan apakah kamu memiliki pertanyaan untuk mereka di akhir interview dan tahukah kamu bahwa pertanyaanmu itulah yang justru akan memberikan nilai tambah yang cukup berarti bagi mereka.

Karena pertanyaan yang kamu ajukan itu akan menunjukkan seberapa besar kamu tahu tentang perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan dan juga mengenai sejauh mana kamu tertarik dengan pekerjaan yang kamu lamar. Jadi, berhati-hatilah. Jangan sembarangan bertanya atau bahkan mengatakan bahwa kamu tidak ada pertanyaan apapun, karena akibatnya bisa fatal. Berikut kita beri panduan, 7 jenis pertanyaan yang akan membuatmu lolos sesi interview dengan memukau.

1. Pengalaman dan kemampuan seperti apa yang kompeten dan sesuai untuk pekerjaan ini?

Ajukanlah pertanyaan itu, karena pertanyaan ini sangat bagus, dan jawaban dari interviewer bisa menjadi dasar penilaian bagi dirimu sendiri apakah kamu memenuhi kualifikasi tersebut atau tidak memenuhi sama sekali. Selain itu, dengan mengajukan pertanyaan ini kamu juga bisa mendapatkan gambaran mengenai kemampuan seperti apa yang harus kamu pelajari saat melakukan pekerjaan ini nanti jika memang kamu diterima.

2. Apa yang menyenangkan dan menarik dari bekerja di sini?

Interview ini adalah tahapan negosiasi dimana kamu juga punya hak untuk menolak pekerjaan ini, jikalau kamu diterima. Dan, waspadalah jika interviewer terlihat kesulitan menjawab pertanyaan ini artinya ada yang harus dipertimangkan lagi di calon tempat kerjamu itu. Jadi, kamu harus berpikir ulang, apakah kamu akan tetap memutuskan bekerja disana jika kamu diterima, atau keraguanmu membuatmu memundurkan kaki dan berbalik pergi.

3. Apakah perusahaan menawarkan pendidikan atau pelatihan professional untuk karyawannya?

Pertanyaan ini akan menunjukkan bahwa kamu memiliki keinginan untuk terus menambah dan mengembangkan pengetahuanmu terhadap apa yang akan kamu kerjakan. Kamu juga menunjukkan bahwa kamu ingin terus tumbuh bersama perusahaan tersebut dan membangunnya menjadi perusahaan terbaik nantinya. Jadi, jangan sampai ilmu mu berhenti di perusahaan itu tanpa adanya upgrade pengetahuan.

4. Tim seperti apa yang akan bekerja dengan saya di perusahaan ini?

Dalam sebuah perusahaan, kerjasama tim tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jawabannya akan sangat penting untukmu agar kamu bisa mempersiapkan mentalmu untuk bekerja sama dengan orang yang sehari-harinya akan bekerja denganmu. Tak hanya itu, pertanyaan ini juga bisa membuktikan bahwa kamu benar-benar ingin bekerja dengan baik di perusahaan tersebut, dan kamu ingin membangun tim yang solid.

5. Apa visi dari perusahaan ini?

Hal ini juga sangat penting, karena dengan mengajukan pertanyaan itu kamu akan tahu apa yang harus kamu lakukan jika bergabung di perusahaan itu. Karena pertanyaan ini akan membantumu memikirkan apa yang bisa kamu berikan pada mereka dan kamu juga akan tahu bagaimana posisimu nanti akan mendukung visi besar perusahaanmu dengan baik. Dengan begitu interviewer juga akan memberikan nilai lebih karena kamu sudah berpikir sejauh ini.

6. Siapa yang sebelumnya menempati posisi ini?

Kamu memang berhak untuk tahu dan bertanya, mengenai siapa yang awalnya menempati posisi ini, karena dengan mencari tahu itu kamu juga akan mendapatkan informasi alasan dia tidak lagi di posisi yang akhirnya kamu lamar. Disini kamu akan tahu apakah orang yang sebelumnya menempati posisi ini mendapatkan promosi, dipecat, atau mengungurkan diri. Dari jawaban interviewer ini kamu akan tahu apakah posisi ini membuat pekerjanya menyenangkan atau tidak.

7. Apa tahap selanjutnya setelah proses interview ini selesai?

Ini boleh dibilang pertanyaan wajib, agar kamu tahu tahap seleksi selanjutnya, apakah interview ini memang yang terakhir atau mungkin masih ada lagi. Karena hal ini juga akan menunjukkan bahwa kamu antusias dengan pekerjaan tersebut. Dan jawaban dari pertanyaan ini juga bisa memberikan gambaran sebanyak apa orang yang menjadi sainganmu dan bagaimana tim HRD akan menyeleksinya, sehingga kamu akan tahu seberapa peluangmu untuk lolos.

Selebihnya saat melakukan interview biasanya kamu baru mengingat baik-baik tentang beberapa pertanyaan penting yang harus kamu ajukan. Selain itu attitude dan bahasa tubuh kamu juga harus diperhatikan ya saat bertanya, jangan terkesan menggurui maupun terlalu rendah diri.