Mau Nikah Murah dan Ramah Lingkungan? Begini Caranya!

resepsi-pernikahan

Bagi sebagian besar dari kita pasti ingin memiliki konsep pernikahan yang unik dan tak terlupakan seumur hidup, baik bagi kita sendiri, atau bagi para tamu undangan yang hadir. Ada berbagai cara untuk menggelar sebuah pesta pernikahan yang unik dan berkesan, mulai dari menikah di atas pesawat, hingga menikah di dasar laut, mereka memiliki tujuan sendiri, kenapa memutuskan untuk menikah dengan cara yang unik. Bisa menyesuaikan dengan hobi mereka, atau memang ingin mencari sensasi yang belum pernah dilakukan oleh orang lain.

Nah, bagi kamu yang ingin menikah dengan konsep ramah lingkungan, kamu bisa melakukan hal ini. Selain konsep menikah yang selama ini selalu lekat dengan pesta pora, maka menikah dengan konsep ramah lingkungan ini juga salah satu jenis pernikahan yang murah. Siapa sih yang nggak pengen punya konsep pernikahan unik sekaligus murah? Beragam konsep yang nggak biasa ini biasanya berasal dari mereka yang memang suka dengan hal-hal berbau luar biasa tapi tetap bisa terjangkau budget.

Yuk kita simak tips nikah murah dan ramah lingkungan yang bisa kamu tiru untuk pesta pernikahanmu.

1. Pemilihan Bahan Undangan

undangan

Pertama-tama, sebelum peta pernikahan digelar, pasti undangan adalah salah satu hal yang sudah disiapkan jauh-jauh hari. Mulailah menerapkan konsep murah dan ramah lingkungan. Buatlah desain undangan yang dibuat dari bahan karton ramah lingkungan. Undangan ini cocok sekali bagi kalian yang pingin irit sekaligus tampil beda dan ramah lingkungan.

Karena kepedulian kita terhadap lingkungan tidak harus ikut menanam pohon secara langsung, tapi juga bisa melakukan dari penghematan dan pemilihan penggunaan kertas dan juga plastic.

2. Kotak CinCin Daur Ulang

kotak-cincin

Di jaman modern saat ini, kamu bisa mendapatkan berbagai bentuk dan jenis kotak cincin yang menarik, mulai dari plastic, keramik, hingga marmer. Namun ada baiknya kamu dan pasangan memilih sebuah kotak cincin yang berbahan kayu daur ulang.

Karena selain hemat dan ramah lingkungan, kotak cincin dari kayu juga mampu menimbulkan kesan klasik yang eksotik.

3. Batang Kayu Untuk Tempat Lilin

kayu-lilin

Sedih rasanya kalau kita turut andil dalam merusak lingkungan, baik yang disengaja atau pun tidak disengaja. Nah, untuk menghemat dana dan juga menerapkan konsep pernikahan yang ramah lingkungan, kamu bisa menggunakan batang kayu atau bamboo sebagai tempat lilin. Hal ini dilakukan untuk menghemat lilin agar tidak cepat habis, dan juga akan membuat kesan eksotik dalam pesta pernikahanmu.

Bukan tak mungkin ini juga akan menjadi inspirasimu kelak untuk membuat hiasan rumah.

4. Akar Penghias Kursi

akar

Kalau kita biasanya melihat hiasan kursi di pesta pernikahan terbuat dari pita dan kain warna warni. Kali ini kamu bisa menggunakan akar-akar dari pepohonan, dan ini akan sangat cocok jika tema pernikahan yang akan kamu selengggarakan adalah garden party atau pesta kebun, hiasan kursi ini meski tak begitu kelihatan, namun akan menambah kesan cantik pada setiap deretan kursi di pesta pernikahanmu.

5. Dekorasi Pernikahan Dengan Furniture Kayu

dekorasi

Beberapa furniture di pesta pernikahan yang biasa digunakan adalah meja dan kursi yang akan digunakan sebagai tempat penyimpanan foto pre wedding dan foto kenangan, tempat roti tart pernikahan, penata gelas, piring, sendok, garpu, tempat kado, buku tamu, dan juga souvenir. Perbanyaklah penggunaan furniture berbahan dasar kayu yang ramah lingkungan.

6. Bouquet Bunga Asli

bunga

Cara menciptakan pernikahan yang ramah lingkungan adalah dengan menggunakan bunga asli, meskipun bunga asli akan cepat layu, namun dengan memakai bunga asli itu jauh lebih hemat dan ramah lingkungan dibanding dengan menggunakan bunga palsu. Hematnya adalah kamu bisa menggunakan bunga-bunga yang tumbuh di sekitar rumahmu, bahkan ilalang yang biasanya diabaikan.

Yang tidak jauh penting dari pernikahan murah dan ramah lingkungan adalah terlaksananya prosesi pernikahan mulai dari akad nikah dan resepsi dengan lancar dan tak dapat di luapakan dalam kenangan semua pihak keluarga.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait