Mau Tahu Mengapa Wanita Muslimah Wajib Mengenakan Jilbab? Lihat Penjelasannya!

oki-setiana-dewi

Di dalam islam seorang perempuan muslim diwajibkan untuk mengenakan jilbab. jadi jilbab bukan sekedar tutup kepala. sekarang ini banyak sekali orang salah memaknai jilbab, mereka hanya berfikir bahwa jilbab hanya sebatas kain penutup kepala yang fungsinya hanya menutupi rambut.

Islam telah mewajibkan kaum wanita memakai jilbab yang tertuang dalam firman Allah QS.Al-Ahzab ayat 59 yang mana dalam ayat ini Allah memerintahkan kepada nabi Muhammad SAW untuk menyuruh istri,anak serta istri orang mukmin untuk menjulurkan jilbab mereka keseluruh tubuh agar mereka lebih dikenali sebagai wanita muslimah dan agar mereka tidak di ganggu.

Bahkan dulu pada zaman Rasulullah SAW para kaum muslimah mengenakan jilbab dengan panjang dan lebar serta berwarna hitam, dan apabila mereka sedang berjalan seakan orang-orang melihat mereka itu seperti sekumpulan buruk gagak.

hijab01
img sourc: ww.pusatmuslimah.com

Terus , mengapa islam mewajibkan kaum muslimah  untuk memakai jilbab/hijabnya?

Berikut ini beberapa alasannya:

1. Jilbab Untuk Memuliakan Kaum Wanita

Berhijab Lebih Mulia
img sourc: www.nafisajilbab.com

Wanita yang mengenakan jilbab lebih terjaga kehormatannya dengan mereka yang membuka auratnya, selain itu wanita yang memakai jilbab lebih desegani dan dihormati oleh orang disekitarnya.

2. Jilbab Menjaga Wanita Dari Tindakan Asusila

menjaga pandangan
img sourc: www.realism-youth.blogspot.com

Jika wanita menyukai laki-laki yang menundukkan pandangannya maka laki-laki menyukai perempuan yang menutup auratnya karena dengan begitu secara tidak lansung perempuan membantu laki-laki untuk menahan nafsunya dan tindakan asusila/tidak senonoh dapat dihindari.

3. Jilbab Untuk Kesehatan

hjab-sehat
img sourc: www.lifestyle.sindonews.com

Disamping itu, jilbab juga membantu kesehatan tubuh kita yaitu kesehatan kulit karena dengan adanya jilbab tubuh kita tidak terkena paparan langsung sinar matahari yang dapat merusak kulit dan memicu timbulnya penyakit terutama kanker kulit.

4. Jilbab Menambah Kecantikan

Wanita-Cantik-Berhijab
img sourc: www.jempolelovers.blogspot.co.id

Jilbab juga dapat membuat wanita cantik karena dengan menggunakan jilbab kulitnya akan lebih putih serta terhindar dari debu. jilbab juga melindungi rambut dari panas matahari yang dapat membuatnya lepek dan bau.

Jadi itulah fungsi jilbab untuk para wanita muslimah…

Allah SWT dengan baik secara tidak langsung  sudah menjaga wanita muslimah melalui jilbab yang di pakai.