Orang Tuaku Tidak Yakin Dengan Dia Yang Masih Kulia. Bagaimana Menghadapinya?

orang tua tidak begitu yakin aku menikah dengan orang yang masih kulia

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum wr wb

Saya mau tanya, sekarang ini saya lagi proses ta’aruf dengan Ikhwan yg masih kuliah, dan sepertinya ayah saya responnya kurang dengan Ikhwan ini. Saya harus bagaimana?

Jawaban:

Wa alaikumus salam wa rahmatullah

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Bagaimana dengan kamu, apakah kamu sudah yakin dengan ikhwan tersebut?

Kamu mohon petunjuk dari Allah lewat shalat Istikharah. Lakukan terus istikharah hingga hatimu mantap menentukan pilihan. Kemantapan hati menentukan pilihan itulah petunjuk dari Allah. Bila masih ada keraguan di hati, berarti dia belum tepat untukmu.

Bila kamu sudah yakin dengannya, mudah juga bagi kamu untuk meyakinkan orang tuamu. Dan sebaliknya jika kamu juga banyak keraguan dengannya, orang tuamu pun akan begitu.

Jadi hal yang pertama yg harus kamu lakukan adalah yakinkan dulu dirimu. Caranya ya dengan istikharah terus sampai kamu mendapatkan kemantapan hati. Kamu bisa menerimanya dengan kondisi dia apa adanya, menerima keadaan dia yang masih kuliah dan belum cukup mapan. Masalah rezeki yakinlah pada janji Allah. Menikah menambah rezekimu, sesuai dengan firman Allah:

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang patut (menikah) dari hamba- hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.”(QS. An Nuur [24]:32)

Jika kamu sudah mantap, barulah kamu komunikasikan dengan orang tuamu perihal keraguan mereka akan ikhwan ini, percayalah mereka hanya mengkhawatirkan kehidupanmu ke depannya, karena mereka belum percaya bahwa kamu sudah mampu menikah karena kamu belum menunjukkan kemantapan hatimu pada ikhwan ini terhadap mereka. Bersikap terbuka dan jujurlah kepada mereka jika kamu sudah memiliki kecenderungan dan merasakan kemantapan hati memilih ikhwan ini.
Karena biasanya orang tua akan menanyakan kepada anaknya mengenai apa yang diinginkan anaknya.
Orang tua biasanya akan meridhoi apapun yang terbaik untuk anaknya.

Kemudahanmu menjalani proses ta’aruf mungkin salah satu tanda bahwa dia jodohmu, dan sebaliknya banyaknya masalah yg timbul mungkin pertanda bahwa dia bukan jodohmu.

Simak ulasan

Saat Melakukan Ta’aruf Jangan Lupa Mengajukan 7 Pertanyaan Ini

3 Hadits Ini Untuk Memantapkan Proses Ta’aruf Kamu

4 Hal Positif Dari Kensendirian Saat Menanti Imam Yang Tepat

Semoga jawabannya bisa membantu.

Artikel Terkait