Pentingnya Kita Memantau Gerakan Janin Dari Waktu Ke Waktu Dengan 3 Hal Ini

tips-ibu-hamil

Bagi seorang Bunda yang sedang hamil, salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah memantau gerakan janin. Karena memantau gerakan janin sangat penting untuk mendeteksi keadaan bayi, agar jika ada ketidaknormalan. Selain itu, aktivitas sederhaman ini juga bisa membuatmu Bunda merasakan kedekatan batin dengan buah hati meski belum terlihat secara fisik.

Pergerakan janin pada tiap ibu hamil tidak selalu sama. Tetapi, pergerakan pertama janin dapat terasa kira-kira pada usia kehamilan sekitar 13 sampai 25 minggu. Nah, bagi wanita yang baru pertama kali hamil, pergerakan janin mungkin dapat terasa saat kehamilan mendekati usia 25 minggu. Sedangkan bagi yang sudah pernah hamil, mungkin bisa mulai terasa mendekati usia 18 minggu. Tapi ada juga loh beberapa wanita yang dapat merasakan gerakan janin lebih cepat, yakni saat masa kehamilan berusia 13–16 minggu.

Gerakan janin ini adalah salah satu cirri bahwa bayi sedang mengalami pertumbuhan, namun janin juga bergerak saat ibu mengkonsumsi makanan tertentu,mendengarkan suara, atau musik.

1. Masa Awal Kehamilan

kebaikan-pada-janin
image. via azaleav.wordpress.com

Saat posisi tubuh Bunda sedang tidak nyaman, janin di rahim juga mungkin akan ikut menggeliat untuk menyesuaikan diri dengan Bunda. Jika di masa awal kehamilan seorang wanita hanya akan merasa ada sedikit pergerakan sesekali saja, maka saat akhir trimester kedua gerakan kehidupan akan lebih kuat terasa dan lebih sering terjadi. Kemudian pada trimester akhir, janin di rahim Bunda sudah dapat bergerak sekitar 30 kali tiap jamnya.

2. Minggu Ke-20an

kelembutan-pada-janin
image. via ninaberkarya.wordpress.com

Pada masa ini pergerakan janin akan terasa lebih cepat. Bunda akan merasa seperti kedutan, karena janin di usia minggu ke 24 sudah bisa cegukan dan pergerakannya sudah mulai nyata di usia janin memasuki minggu ke 20-an. Selanjutnya saat memasuki minggu ke -24 Bunda juga bisa merasakan gerakan yang tak biasa dan sering. Janin sudah mulai bisa menendang-nendang atau meninju yang mungkin ini akan membuat Bunda kaget.

Meski saat belum terbukti secara medis, namun pada usia kehamilan menginjak 28 minggu, Bunda sangat disarankan untuk memonitor gerakan janin untuk memastikan bahwa Si Kecil tumbuh dengan normal dan sehat.

3. Minggu Ke-30

periksa-kehamilan-ibu
image. via elmaulana.weebly.com

Usia kehamilan Bunda sudah memasuki minggu ke-30, maka pergerakan janin akan sedikit melambat, hal ini dipengaruhi oleh pertumbuhan janin yang semakin besar. Jadi jika Bunda belum merasakan gerakan janin di dalam perut hingga usia kehamilan mencapai 25 minggu, jangan dulu berpikiran negative ya. Karena saat janin tumbuh lebih besar, bunda akan lebih bisa menangkap gerakannya dan juga tahu kapan waktu janin bergerak lebih aktif. Jadi mungkin saja dia sudah bergerak tapu Bunda tidak menyadarinya.

Bunda akan lebih mudah merasakan gerakan janin yang aktif ketika berada dalam posisi berbaring ketimbang duduk. Dan cobalah untuk menyalakan musik untuk memancing reaksi janin di rahim, karena manusia dapat mendengarkan sejak di dalam kandungan Bunda. Apabila Bunda mulai merasa ada gerakan di dalam perut, maka kemungkinan dia dalam kondisi yang baik-baik saja.

Simak juga “5 Penyebab Kembung Pada Bayi Yang Tidak Bunda Sadari

Simak juga “Mual Menjadi Satu Tanda Kehamilan Yang Sehat Melalui 3 Hal Ini

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait