Perhatian! Wanita Hamil Wajib Menghindari Makanan Ini

TIps makanan untuk ibu hamil

Berbicara makanan untuk wanita hamil, biasanya pasti akan langsung disambungkan dengan beragam mitos yang hadir dan tumbuh di tengah masyarakat. Meskipun begitu, larangan yang semula hanya mitos dan tidak mampu dijelaskan oleh orang tua jaman dulu, namun ternyata memiliki penjelasan ilmiah yang cukup masuk akal. Mau tahu apa saja makanan yang wajib untuk dihindari oleh wanita hamil? Yuk kita simak bersama.

Nanas

Konsumsi nanas dilarang buat ibu hamil
Img source: www.livestrong.com

Bagi wanita hamil, nanas ini adalah salah satu buah yang sangat dihindari dan boleh dibilang paling mengerikan ketimbang makanan lain. Kalau mitosnya nanas bisa bikin keguguran, terutama jika janin atau usia kehamilan masih muda. Namun pada faktanya, nanas dianggap berbahaya karena nanas mengandung zat Bromelian, nah zat ini mampu melemahkan system leher rahim dan mengakibatkan terjadinya kontraksi yang membahayakan janin. Dan yang lebih berbahaya adalah nanas yang masih muda, karena nanas muda mengandung zat Bromelian utuh.

Keju Tanpa Pasteurisasi

Tips makanan ibu hamil: dilarang makan Keju Tanpa Pasteurisasi
Img source: www.choice.com.au

Keju biasanya banyak digunakan untuk olahan salad dan pasta. Keju banyak disukai dan dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Nah, untuk jenis keju yang harus dihindari oleh wanita hamil adalah jenis keju yang tidak melalui proses pasteurisasi, atau biasanya dikenal dengan sebutan Feta Cheese. Jika saja tidak dalam kondisi hamil, wanita makan keju tidak ada efek sampingnya, namun untuk wanita hamil jenis keju ini tidak dianjurkan. Karena keju tanpa pasteurisasi ini pembawa penyakit Listeriosis dan bisa menyebabkan keguguran, kelahiran premature, dan juga infeksi kehamilan.

Kafein dari Kopi dan Teh

Ibu hamil dilarang minum kopi dan teh
Img source: rsudciawi.bogorkab.go.id

Jumlah kafein yang aman dikonsumsi oleh wanita hamil hingga saat ini telah banyak diperdebatkan oleh para ahli. Wanita hamil tidak dianjurkan minum kopi dan the karena kandungan kafein ini bisa melintasi plasenta dan mempengaruhi detak jantung bayi dan juga ibunya.

Makanan Cepat Saji dan Daging Instan

bu hamil dilarang makan makanan Cepat Saji / Fast food
Img source: trimmerinda.blogspot.com

Sebenarnya ini makanan yang wajib dihindari tidak hanya oleh wanita hamil, tapi juga kita semua. Karena makanan cepat saji mengandung banyak MSG dan juga pengawet. Dan jelas tidak baik untuk perkembangan otak dan dapat memicu sel kanker. Bisa dibayangkan bukan betapa berbahayanya untuk janin yang masih sangat lemah dan baru saja berkembang.

Hati

Lauk Hati Sapi
Img source: www.vemale.com

Sering kita mendengar jika wanita hamil sebaiknya banyak makan hati untuk penambah darah. Padahal pada kenyataannya, hati dan produk turunannya yang banyak mengandung vitamin A ini justru berbahaya untuk janin, terutama jika janin masih muda. Berbeda dengan vitamin A yang terkandung dalam buah dan sayur, kandungannya jauh lebih aman ketimbang vitamin A yang terkadung di hati.

Susu Mentah

susu mentah

Sama seperti keju yang tidak melalui proses pasteurisasi, susu mentah juga sebaiknya dihindari oleh wanita hamil, baik itu susu kambing atau mungkin susu sapi.

Telur Mentah

Telur mentah

Makanan mentah memang sebaiknya dihindari oleh wanita hamil, termasuk juga dengan telur mentah. Karena mengkonsumsi telur mentah bisa menimbulkan risiko keracunan bakteri salmonella. Bakteri salmonella ini dapat menimbulkan beberapa efek samping yang dapat memengaruhi kesehatan dan juga pertumbuhan bayi., bahkan dehidrasi pada wanita hamil dan juga bayi lahir premature.

Jadi, jika ingin kehamilanmu berjalan lancar dan bayimu juga sehat, maka sebagai wanita hamil sebaiknya hindari makanan-makanan di atas, jikalau pun harus mengkonsumsi, coba konsultasikan dengan dokter dan juga ahli gizi.