Pernikahan, Tidak Hanya Tentang Kebahagiaan dan Keindahan

foto setelah menikah

Para gadis pada umumnya selalu bermimpi tentang suatu hari yang sangat istimewa, dimana kita semua membayangkan diri menjadi seorang pengantin, mengenakan gaun putih lembut yang indah, dikelilingi oleh bunga, dengan pipi merona melengkapi senyuman bahagia saat ratusan mata yang mengikuti langkah kita. How’s great, itulah moment yang paling bahagia dalam sebuah awal kehidupan pernikahan.

Tapi pernikahan bukan hanya soal bahagia dan keindahan saja guys, karena setelah pesta usai, kita harus melepaskan mahkota ratu dan masuk pada kehidupan pernikahan yang sebenarnya. Dan inilah yang kadang luput dari imajinasi kita sebagai seorang wanita. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal istimewa yang bisa kita alami dalam kehidupan pernikahan yang sebenarnya.

1. Nikmatnya Bisa Memasak Untuk Keluarga

makan-bersama
image. via www.suara-islam.com

Seorang wanita normal pasti bisa jika hanya memasak air, merebus telur, memasak nasi, dan membuat secangkir the atau kopi. Meski terdengar sepele, namun tetap saja hal itu sangat penting, kita bisa mendapatkan keahlian itu dengan mudah, terlebih jika kita sudah melalui peran kita sebagai koki di rumah baru kita, mungkin begitu barangkali yang kita pikirkan. Tapi guys, kenyataannya tidak semudah itu, karena banyak juga loh wanita yang bahkan menyalakan kompor saja tidak bisa atau takut.

Jadi, alangkah baiknya jika kita seorang wanita, kita mau untuk belajar memasak mulai dari sekarang, karena meski bukan kewajiban seorang istri untuk berkutat di dapur, namun alangkah bahagianya seorang suami dan anak jika bisa menikmati masakan sang istri dan ibunya, dan kebahagiaan itu jelas membuahkan pahala bagi kita yang ikhlas melakukannya.

2. Rumah atau Karir

tinggal-dikontrakan
image. via www.rumahcitra.com

Disini kita tidak membahas mengenai keputusan untuk bekerja atau tidak, karena itu adalah keputusan yang kita buat sendiri setelah berkonsultasi dengan suami tentunya. Namun, sebagian dari kita mungkin sudah memiliki karier sebelum menikah, atau memutuskan untuk mulai bekerja setelah menikah. Ini merupakan kesempatan bagi kita untuk menambah nilai bagi masyarakat dan mengejar impian kita, namun jangan lupa bahwa Allah SAW telah menetapkan kewajiban seorang istri untuk merawat suami dan rumah. Sama seperti Allah SAW telah menetapkan kewajiban untuk suami untuk menafkahi, menyediakan makanan, tempat tinggal, dan juga pakaian.

Jadi, penting untuk selalu diingat bahwa tak satu pun dari kita seorang istri harus tertinggal dalam peran-peran yang Allah SAW telah ditetapkan untuk masing-masing kita.Jadi, tetapkan dan bicarakan semuanya dengan jelas sebelum menikah, agar tidak bingung saat memasuki kehidupan pernikahan yang sebenarnya.

3. Kini Kita Memiliki Teman Hidup

keluarga-mandiri
image. via panjikhalifah.blogspot.com

Rasanya mungkin sedikit aneh bahwa setelah seumur hidup kita bersama dengan keluarga, kini kita akan hidup dengan orang baru. Ini menarik, dan mungkin sedikit menakutkan. Tetapi yang paling penting adalah hal itu akan terasa berbeda. Karena disinilah ikatan pernikahan akan diuji. Pasangan kita pasti telah menjalani gaya hidup tertentu dalam kehidupan sebelum pernikahannya bersama dengan keluar, dan kita akan mengalami hal dari pasangan yang tidak sesuai dan kita akan melihatnya setiap saat. Beberapa hal yang mungkin tampak aneh, membuat frustrasi, atau menjengkelkan, tetapi kita harus mengerti bahwa dia juga merasakan hal yang sama.

Tetapi ingat bahwa kita tidak akan dapat mengubah semua perilaku lama suami kita, atau memaksakan untuk selalu menemukan landasan yang sama, karena dia juga berada dalam situasi yang berbeda dengan sebelumnya. Jadi, kita berdua harus belajar untuk sama-sama mengerti dan memahami kebiasaan masing, selama kebiasaan salah satu dari kalian tidak menyebabkan kerugian bagi yang lain. Karena ini adalah kunci yang paling penting untuk sebuah pernikahan yang sehat dan bahagia adalah mencoba untuk memahami perasaan masing-masing.

Pahami bahwa suami kita tidak selamanya selalu berada dalam suasana hati yang baik.  Pernikahan tidak selamanya seperti dalam drama dan novel, ataupun di film-film putri Disney.  Jadi saat memutuskan untuk menikah, pikirkanlah mengenai hal yang kurang bahagia juga agar kita tidak shock saat menghadapi kenyataan hidup yang terjadi.

Simak juga “Allah Berikan Segala Kemudahan Pada Kamu Yang Memiliki Niat Menikah

Simak juga “5 Rukun Nikah Serta Syaratnya Dalam Syariat Islam

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait