Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Memilih Popok Kain Atau Popok Sekali Pakai Untuk Si Kecil

popok-kain-atau-popok-sekali-pakai

Memilih popok untuk si kecil kini memang menjadi satu hal yang sangat penting, pasalnya popok adalah salah satu kebutuhan pokok bagi bayi. Dan, di era modern seperti sekarang ini, kita para orang tua sudah dimudahkan dengan popok sekali pakai yang banyak beredar di pasaran, dengan harga bervariasi, desain yang menarik, dan juga kepraktisan yang sudah pasti menjadi pilihan ibu-ibu modern.

Tapi, sebagai ibu yang bijak, ada baiknya kita melakukan pertimbangan ini dahulu sebelum memilih popok untuk si kecil.

1. Apa Itu Popok Kain dan Popok Sekali Pakai

popok-kain
image. via frizbaby.blogspot.com

Pada dasarnya fungsi dari popok kain dan popok sekali pakai itu sama saja bagi bayi, namun bedanya kalau popok kain bisa dicuci dan dipakai kembali, sedangkan popok sekali pakai ya jika sudah dipakai tinggal dibuang saja. Jika dahulu mungkin orang tua cenderung menggunakan popok kain ketimbang popok sekali pakai yang bisa menampung cairan hingga berjam-jam tanpa perlu khawatir bocor.

Hal ini karena, popok sekali pakai terdiri dari 2 bagian, cover yaitu bagian luar atau pembungkus, dan kemudian ada insert yaitu bagian penyerap urine yang bisa dimasukkan ke dalam bagian dalam cover atau diletakkan diatas cover yang langsung menempel pada kulit bayi.

2. Pertimbangkan Nilai Ekonomis

wanita-ekonomis
image. via www.suarakendarifm.com

Sebagai ibu bijak, sudah pasti segi ekonomis akan menjadi salah satu pertimbangan yang penting untuk dilakukan sebelum memilih produk untuk buah hati tercinta. Dan jika menyinggung soal ekonomis, sudah pasti popok kain akan jauh lebih ekonomis. Meski mungkin akan terasa di awal pembelian karena harganya jauh lebih mahal dibanding 1 buah popok sekali pakai, namun untuk jangka panjang, popok kain jauh lebih awet berkali-kali lipat, apalagi jika perawatan yang diberikan juga baik dan benar.

3. Pertimbangkan Kepraktisan Pemakaian

kepraktisan
image. via pedulisehat.info

Memang nyatanya saat ini banyak ibu yang akhirnya menyerah menggunakan popok kain, karena menganggap ribet dan repot dalam penggunaannya, terlebihlagi harus mencuci bersih popok setiap hari setelah pemakaian. Sangat berbeda dengan popok sekali pakai, jika selesai pakai cukup langsung buang ke tempat sampah tanpa repot membersihkan terlebih dahulu.

Meski sebetulnya mencuci popok kain tidak serumit yang dibayangkan, karena ibu cukup merendam popok kain yang kotor dengan sedikit detergen atau sabun, bilas sampai bersih dan keringkan.

4. Pertimbangkan Pencemaran Lingkungan

menjaga-lingkungan
image. via blogmedia.web.id

Semakin hari kesadaran manusia akan isu pencemaran lingkungan memang semakin baik. Dan itulah mengapa penggunaan popok kain kini kembali diminati oleh para ibu. Bayangkan saja jika satu ibu di Indonesia menggunakan popok sekali pakai untuk bayinya, ada berapa juta bayi yang menggunakannya dalam sehari?

Tentu ini akan sangat memprihatinkan, pencemaran sampah popok sekali pakai yang memang tidak ramah lingkungan ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan lingkungan. Karena sampah popok ini sangat sulit untuk diurai oleh alam, setidaknya butuh waktu 250 hingga 500 tahun untuk mengurainya.

5. Pertimbangkan Kesehatan Bayi

bayi-sehat
image. via iluvsuperstore.com

Masalah kesehatan menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan dalam penggunaan popok sekali pakai. Karena popok sekali pakai mengandung 3 zat berbahaya yakni dioxin, Trybutyl-tin (TBT) dan sodium polyacrylate yang berbahaya bagi kesehatan si kecil jika dipakai terus menerus dalam jangka waktu lama. Bayangkan saja bagaimana bisa sampai usia 1-2 tahun pun buah hati masih dipakaikan popok sekali pakai. Makanya tak heran jika bayi yang memakai popok sekali pakai sering mengalami ruam di sekitar pantat dan selangkangan. Namun hal seperti ini akan bisa diminimalisir jika kita menggunakan popok kain untuk buah hati, karena perawatan popok kain bisa lebih dijamin oleh para ibu, mulai dari pemilihan deterjen, cara mencuci, bahkan jenis kain.

Jadi alangkah baiknya ibu bisa memberikan popok yang baik untuk buah hati, jangan malas untuk mencuci jika menggunakan popok kain, dan ada baiknya jika menggunakan popok sekali pakai itu sesekali saja, semisal padas saat bepergian jauh atau sedang musim hujan dan kehabisan popok kain. Karen ajika terlalu sering menggunakan popok sekali pakai tentu akan kasihan juga si kecil, karena meski tidak mudah bocor saat sekali atau dua kali buang air, tapi betapa kasihannya dia harus membawa-bawa kotoran yang menempel di pantatnya.

Namun, semua pilihan ada di tangan ibu, semoga kita selalu bisa menjadi ibu yang bijak, yang tak hanya memikirkan kemudahan untuk diri sendiri saja ya, karena anak adalah asset masa depan yang harus dijaga.

Simak juga

4 Gejala Gangguan Kesehatan Reproduksi Pada Wanita

Ibu Hamil, Jangan Sampai Terjebak 5 Mitos Ini Ya

Semoga Bermanfaat…

Artikel Terkait