Bagaimana Perwalian Atas Anak Hasil Hubungan Di luar Nikah?

ijab kabul

Pertanyaan

Assalamualaikum wr wb
Kepada yth para ustadz/ustadzah di komunitas arrahman.id saya mau bertanya tentang hak perwalian hakim atas anak yang dihasilkan dari perkawinan yang tidak sah/belum halal maka wali hak ketika menikah lapadz ijabnya dinasabkan kepada siapa?
Mohon jawabannya ustadz. Kalau bisa contoh ijabnya seperti apa?

Jawaban

Wa alaikumus salam wa rahmatullah

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Terimakasih atas pertanyaannya…

Anak tersebut dinasabkan kepada ibunya bukan kepada laki-laki yang menzinai dan menghamili ibunya (bapak zinanya) walaupun akhirnya laki-laki itu menikahi ibunya dengan sah. Tegasnya hubungan nasab antara anak dan bapaknya terputus. Berikut hadits nya.

الْوَلَدُ لِلْفِرَاشِ وَلِلْعَاهِرِ الْحَجَرُ

Anak itu haknya (laki-laki) yang memiliki tempat tidur dan bagi yang berzina tidak mempunyai hak apapun (atas anak tersebut). [Hadits shahih riwayat Bukhari (no. 6749) dan Muslim (4/171) dari jalan Aisyah dalam hadits yang panjang. Dan Bukhari (no. 6750 dan 6818) dan Muslim (4/171)

Ini disebabkan karena laki-laki itu menikahi perempuan yang dia zinai dan dia hamili, meskipun demikian laki-laki itu tetap dikatakan sebagai bapak dari anak itu karena bagaimanapun juga anak tersebut tercipta dari air maninya walaupun dari hasil zina.

Karena dari hasil zina inilah, bapaknya tidak mempunyai hak apapun atas anaknya, baik dari hal nasab, waris, kewalian, dan nafkah sesuai dengan hadits yaitu,

 “… dan bagi (orang) yang berzina tidak mempunyai hak apapun (atas anak tersebut).”

Jadi, ketika anaknya hendak menikah, maka sang bapak tidak mempunyai hak sebagai wali dari anaknya. Yang menjadi wali nikahnya adalah sultan (penguasa) atau wakilnya seperti penghulu, dimana anak tersebut dinasabkan kepada ibunya.

Adapun contoh ijabnya seperti ini,

  • Ijab: Tina binti tini aku nikahkan engkau dg Anto bin Toyo dg mas kawin 1 suku mas dbayar tunai.
  • Qabul: Aku trima nikahnya dengan mas kawin yg tersebut.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Azza Wa jallah

Artikel Terkait