Sebelum Memutuskan Untuk Menikah, Sebaiknya Tanyakan 5 Hal ini Pada Diri Sendiri

Memutuskan-menikah

Menikah adalah satu kewajiban yang harus dijalani umat manusia, jika memang ia telah mampu untuk menikah. Namun ada baiknya sebelum memutuskan untuk menikah, cobalah untuk memantapkan dirimu. Karena menikah adalah satu keputusan yang harus dipikirkan matang-matang. Hal ini tentu setiap karena kita semua menginginkan pernikahan sekali saja dalam seumur hidup. Selain itu kita juga tahu bahwa pernikahan bukan saja menyatukan antara dua orang manusia saja akan tetapi menyatukan dua buah keluarga besar. Sehingga wajar jika ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menikah.

Ingatlah bahwa pernikahan merupakan proses yang sakral nan suci. Oleh karena itu, sebelum menikah ada baiknya setiap kita menanyakan hal-hal berikut ini pada diri sendiri.

1. Kenapa kita menikah?

Sebelum-menikah
image. via teamquest.pl

Pernahkah kita semua meluangkan waktu dan pikiran untuk merenungkan pertanyaan tersebut? Jika belum, maka ada baiknya sebelum menikah kita mengetahui dulu apa tujuan kita menikah. Hal ini dilakukan agar pernikahan yang kita jalani tak sekedar menikah karena sudah menjadi tradisi. Akan tetapi kita menikah karena kita mempunyai tujuan, pernikahan yang akan kita jalani memiliki arah dan goal yang jelas. Bayangkan saja, apa mungkin kita melangkah tanpa tahu arah? Karen ajika ini terjadi, maka jika kamu tidak mujur maka kamu akan terperosok dan jatuh.

2. Apa manfaat yang didapat setelah menikah?

Hidup-bersama
image. via alwib.net

Semua hal yang dilakukan di dunia ini pasti memiliki tujuan, dan jika tujuan itu bisa dicapai, maka akan  menghasilkan manfaat. Jadi, tanyakan pada dirimu sendiri dan fahamilah apa manfaat dari sebuah pernikahan. Ini penting dilakukan sebelum menikah. Hal ini tentu saja agar kita lebih menikmat dan merasakan keindahan pernikahan yang akan kita jalani . Sehingga kita lebih menghargai dan menjaga pernikahan kita dengan baik.

3. Sejauh mana persiapan pernikahan kita?

persiapan-nikah
image. via alienco.net

Lita semua tahu bahwa pernikahan bukanlah hal yang instan. Semuanya harus dipersiapkan jauh-jauh hari, bahkan saat kalian memutuskan untuk tidak menggelar pesta pernikahan pun, kalian tetap harus mempersiapkannya jauh-jauh hari, mulai dari surat dan administrasi kelengkapan menikah di KUA misalnya, semuanya tidak bisa dilakukan secara instan. Akan ada banyak hal yang kita lakukan untuk mempersiapkan pernikahan, bahkan mental kalian.

4. Apakah proses pernikahan kita sudah sesuai ajaran Allah SWT?

Sesuai-dengan-agama
image. via www.bridestory.com

Jodoh adalah salah satu dari sekian banyak misteri yang Tuhan berikan pada kita. Ada banyak cara menuju sebuah pernikahan, tapi apakah semua yang telah kita lakukan sesuai dengan ajaran Allah SWT? Ini penting, karena pernikahan kita harus berjalan sesuai dengan perintah-Nya, dan mendapatkan ridho Allah SWT.

5. Apakah restu orang tua kita sudah ditangan?

Restu-orangtua
image. via evan.reisha.net

Seperti yang sudah ditegaskan di awal. Bahwa pernikahan bukan hanya menyatukan dua orang saja, akan tetapi dua buah keluarga. Maka akan sangat besar peranan restu orang tua untuk anak-anak yang akan menikah dan ingin menggapai rumah tangga yang bahagia, sakinah, mawadah, warahmah.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait