Seberapa Banyak Materi Dalam Pendidikan Khusus Untuk Menjadi Orang Tua?

Menjadi Orang Tua

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum wr wb

Seberapa banyak materi dalam Pendidikan khusus untuk menjadi orang tua?

Jawaban :

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,
Begitu banyak materi parenting, karena ilmu parenting dibutuhkan dari sejak kita masih single hingga sudah menjadi orang tua, dari anak-anak belum lahir hingga anak-anak dewasa.
Kenapa kami katakan masih single pun perlu ilmu parenting? Karena bisa jadi kamu yang masih single, jika kamu berprofesi sebagai guru, mau tidak mau harus bisa menjadi orang tua untuk muridmu di sekolah. Selain itu, ilmu parenting juga dibutuhkan untuk kamu yang masih single dan siap untuk menikah, sebagai bekal persiapan untuk menjadi orang tua.
Ilmu parenting juga tidak hanya dibutuhkan ketika anak-anak kita masih kecil, tetapi kelak ketika mereka dewasapun kita masih membutuhkannya karena ilmu parenting itu mengikuti tumbuh kembang anak, mulai dari anak baru lahir, balita, masuk sekolah, menjadi remaja, sampai mereka dewasa.
Belajar parenting berarti belajar bagaimana caranya menjadi orang tua, dalam artian belajar bagaimana caranya mendidik. Belajar parenting bukan hanya belajar materinya saja tetapi butuh praktek nyata kita sebagai orang tua dalam kehidupan sehari-hari. Tidak akan berguna ilmu itu jika tidak kita amalkan. Hal ini dikarenakan orang tua yang merupakan panutan sekaligus contoh bagi anak-anak harus memberikan teladan yang baik untuk anak-anaknya, karena anak-anak adalah peniru ulung, mereka akan mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya.

Ingatlah, jika kamu menginginkan anak sholeh/sholehah, jadilah sholeh/sholehah terlebih dahulu, karena orang tua cerminan anaknya. Berikan teladan/contoh yang baik. Dan untuk memberikannya, tentunya orang tua butuh pemahaman, butuh penjelasan, butuh ilmunya. Apalagi terhadap anak kecil, amat penting bagi orang tua untuk menjelaskan alasan dari setiap tindakan.

Semoga jawabannya bisa membantu
Wallahu a’lam bish-showabi

Artikel Terkait