Status Sudah Dikhitbah Tapi Calon Suami Baru Bisa Nikah Setelah Kulia S2-Nya Selesai. Bagaimana Menghadapinya?

tunda nikah

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum wr wb

Saya sudah dikhitbah oleh calon suami saya. Akan tetapi, calon mertua saya belum menginginkan pernikahan sesegera mungkin dengan alasan studi. Calon suami saya harus menyelesaikan S2 dulu baru menikah. Sementara orang tua saya ingin kami segera menikah. Bagaimana menanggapinya?

Jawaban:

Wa alaikumus salam wa rahmatullah

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Karena posisimu sudah dikhitbah, sebaiknya kamu ajak calonmu untuk menemui orang tuamu, untuk mendiskusikan permasalahan yang ada, kemudian mencari solusinya. Orang tuamu sebenarnya benar karena kamu masih menjadi tanggung jawab mereka, mereka khawatir akan banyak mudharatnya ketika jarak antara khitbah dan akad yang begitu lama.

Kami harap suamimu sudah berada di semester akhir sehingga jika ternyata pilihanmu adalah menunggu hingga ia lulus S2, rentang waktunya tidak begitu lama.

Jika ternyata kalian malah bisa meyakini mertuamu, itu malah lebih baik, karena lebih baik menyegerakan daripada menunda.

Apapun keputusannya yang jelas restu kedua orang tua dari kedua pihak harus kalian dapatkan. Karena ridho Alah bergantung pada ridho orang tua. Dan ketika keputusan menunggu calonmu lulus S2 dulu, kalian harus membatasi komunikasi untuk saling menjaga diri dalam keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Karena dalam “masa menunggu” tersebut sangat mungkin muncul godaan-godaan untuk terjerumus pada pelanggaran syari’at ataupun godaan untuk berpaling kepada calon lainnya, dan sebagainya.

Semoga jawaban kami bisa membantu.

Artikel Terkait