Takaran Pemberian ASI Untuk Bayi Dari Waktu Ke Waktu

Ibu-nyaman-menyusui

Betapa senangnya seorang ibu melihat anaknya sangat lahap saat menyusui, hingga kadang kita tak terpikirkan berapa takaran yang sebenarnya tepat diberikan untuk bayi dari waktu ke waktu. Nah, takaran dalam pemberian ASI ini yang sering menjadi pertanyaan besar bagi ibu setelah melahirkan, khususnya untuk pemberian ASI perah bagi ibu yang ASI nya tidak lancar, atau mempunyai masalah bentuk puting yang sulit atau tidak untuk menyusui bayi secara langsung. Kebutuhan ASI untuk bayi sesaat setelah melahirkan memang hanya sedikit dan bisa dipastikan mampu mencukupi kebutuhannya. Dan seiring bertambahnya usia bayi, maka jumlah ASI yang diproduksi akan menyesuaikan kebutuhan bayi.

Permasalahan yang sering dialami adalah takaran pasti bagi ibu yang harus memberikan ASI melalui botol, baik itu dikarenakan bayi tidak mau menyusu langsung melalui puting, atau karena tuntutan pekerjaan ibu. Adapun takaran ASI yang bisa ibu berikan untuk bayi sesuai dengan usia nya:

1. Usia 1 Hari

ibu-menyusui
image. via www.ummiindonesia.com

Untuk bayi usia 1 hari, membutuhkan 5 sampai 7 ml atau satu sendok makan ASI sekali minum, dan diberikan dengan rentang waktu sekitar 2 jam. Memang saat baru berusia sehari kebutuhan ASI baru sedikit, karena ukuran lambung bayi pada usia ini hanya sebesar biji kemiri, dan bayi masih banyak tidur.

2. Usia 3 Hari

menyusui-yang-baik
image. via id.theasianparent.com

Untuk bayi usia 3 hari, ia biasanya membutuhkan 22 sampai 27 ml ASI sekali minum yang diberikan 8 sampai 12 kali sehari atau hampir satu gelas takar air untuk satu hari. Karena pada usia ini lambung berkembang menjadi sebesar buah ceri atau anggur berukuran sedang, meskipun si kecil juga masih sering tertidur dan jarang melakukan aktivitas.

3. Usia 1 Minggu

Ibu-nyaman-menyusui
image. via www.muslimah.co.id

Pemberian ASI untuk bayi berusia 1 minggu, membutuhkan ASI 45 sampai 60 ml dalam satu kali minum, dan dapat menghabiskan 400 sampai 600 ml ASI atau satu setengah gelas hingga dua setengah gelas takar air dalam satu hari. Karena pada usia ini kebutuhan ASI meningkat karena adanya perkembangan pertumbuhan yang pertama pada bayi.

4. Usia 1 Bulan

yang-dilakukan-ayah-saat-IMD
image. via www.merdeka.com

Seorang bayi berusia 1 bulan, membutuhkan ASI 80 sampai 150 ml dalam sekali minum, dan diberikan 8 sampai 12 kali dalam satu hari, dengan jarak waktu 1,5 jam sampai 2 jam pada siang dan pada malam hari jeda waktu 3 jam.

5. Usia 6 Bulan

bayi-bobok
image. via indrasmansamapin.blogspot.com

Bayi ibu sudah semakin besar, kini usianya sudah 6 bulan dan jelas masih tetap membutuhkan ASI sekitar 720 ml perhari, dan mulai didukung oleh Makanan Pendamping ASI. Ibu bisa memanfaatkan ASI perah untuk mengencerkan makanan pendamping ASI, sehingga rasanya sama dengan ASI.

Semakin bayi berusia, maka semakin banyak membutuhkan ASI, jadi siapkanlah semuanya dengan sangat baik. Jangan berhenti di ASI eksklusif berusia 6 bulan, tetapi bisa juga dilakukan hingga bayi memutuskan sendiri untuk tidak menyusui.

Namun, kebutuhan ASI Bayi berusia 1 tahun menurun menjadi sekitar 550 ml per hari. Dan pada usia ini, bayi boleh mengkonsumsi jenis makanan padat seperti makanan orang dewasa. Berikan makanan yang lebih bervariasi, agar kebutuhan gizinya terpenuhi. Dan agar produksi ASI ibu tetap mencukupi, konsumsi makanan bergizi terutama sayur dan buah.
Ingat ibu jangan memaksa bayi menghentikan ASI, karena itu bisa membuat bayi trauma.

Simak juga “5 Alasan Ini Penyebab Bayi Terbangun Di Malam Hari

Simak juga “2 Hal Ini Harus Ibu Tahu Mengenai Kebutuhan ASI Untuk Bayi Yang Baru Lahir

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait