Tontonan TV Sangat Berpengaruh Terhadap Perkembangan Anak. Para Orangtua Harus Waspada!

waspada-tayangan-tv

Di jaman sekarang ini, siapa yang tidak tahu tentang televisi, semua orang bahkan dipenjuru dunia pun tahu tentang televisi dan saat ini bahkan hampir seluruh rumah memilikinya. Televisi memang telah menjadi media yang mendunia, bahkan televisi berhasil menggeser peran radio sebagai pembawa berita dan salam dari jauh. Televisi menjadi salah satu media elektronik yang telah berkembang sangat cepat saat ini. Bahkan sekarang stasiun televisi mampu menayangkan acara yang sangat beragam, program siarannya pun yang disajikan dengan gambar dan tata suara yang baik. Menjadikan televisi sebagai sumber segala informasi bagi manusia, berita dan hiburan yang dibutuhkan bahkan tak dibutuhkan.

Namun televisi yang merupakan salah satu media hiburan, mampu memberikan berbagai dampak bagi kehidupan manusia, terutama bagi anak kecil dan remaja. Ada berbagai dampak positif dan juga dampak negatif dari tayangan televise bagi anak-anak.

Untuk dampak positif dari televisi adalah sebagai berikut:

1. Memberikan informasi.

media-info
image. via thenextweb.com

Televisi saat ini memiliki kecepatan super dalam memberikan informasi dan juga memperbaharui berita. Bahkan televisi bisa menjadi sumber inspirasi berita untuk media cetak. Jadi, di jaman modern seperti sekarang ini, tidak memiliki televisi akan membuat kita ketinggalan berita dan informasi.

2. Media pendidikan.

media-pendidikan
image. via m.tempo.co

Beberapa stasiun televisi dapat menjadi media pendidikan bagi pelajar, karena mereka bisa mengambil manfaat berupa informasi pendidikan dari acara televisi yang ditayangkan. Karena banyak stasiun televisi yang menyajikan program edukatif seperti film tentang sejarah, sains, flora fauna dan sebagainya. Terlebih jika kamu berlangganan tv kabel.

3. Media hiburan.

hiburan
image. via m.tempo.co

Tahukah Anda bahwa televisi saat ini adalah media hiburan murah yang dapat menyegarkan otak dengan berbagai tayangan hiburan, selain itu juga tidak perlu pergi jauh untuk menikmati tayangan televisi, jadi cukup menontonnya dirumah tanpa perlu keluar uang.

Selain dampak positif, kita juga harus tahu loh apa saja dampak negative dari televisi untuk perkembangan anak.

1. Lupa waktu.

lupa-waktu
image. via www.majalahfahma.com

Sekarang ini banyak anak lupa waktu jika menonton televisi, apalagi sekarang durasi tayangan televisi beroprasi selama 24 jam. Jadi tak heran jika kebiasaan negatif menonton televisi tentu sangat merugikan, karena bisa saja anak-anak lupa dalam belajar dan lebih memilih bermalas-malasan di depan televisi.

2. Banyak acara yang tidak mendidik.

acara-yang-tidak-mendidik
image. via konsumtif

Tak hanya itu saja, ada banyak acara yang tidak mendidik ditayangkan di televisi. Padahal acara yang tidak mendidik tentu bisa mempengaruhi kejiwaan seorang anak, seperti tayangan yang menampilkan adegan kekerasan tanpa sensor dan drama percintaan anak-anak remaja yang menjadi andalan banyak stasiun televisi.

3. Lebih konsumtif.

konsumtif
image. via www.jendelaberita.com

Dampak negative dari menon televisi adalah, anak-anak sekarang menjadi lebih konsumtif. Karena televisi merupakan media yang memiliki pengaruh yang tinggi terhadap konsumennya, ada banyak iklan yang di tayangkan secara terus-menerus dan otomatis akan mengoyak penonton untuk membeli produk yang dipromosikan oleh produsen.

Pada dasarnya tayangan di televisi yang tidak mendidik dapat mempengaruhi perkembangan perilaku anak. LIhat saja, berapa banyak sinetron di televisi saat ini yang di dalam dialognya hanya berisi celaan, makian, dan kata-kata yang tidak sepantasnya dikonsumsi public, apalagi anak-anak. Jadi, alangkah baiknya orang tua bisa selalu mendampingi anak dan memilihkan tayangan yang baik bagi anak mereka. Atau sebisa mungkin orang tua tidak mengenalkan televisi pada anak-anak jika memang mereka belum bisa menyaring tontonan mereka.

Selain itu orang tua juga bisa memberikan alternative liburan lain yang lebih mendidik dan bermanfaat. Misalnya saja orang tua dapat mengajak anak untuk belajar memasak, orang tua dapat mengajari anak berkebun, memberi makan binatang peliharaan, jalan-jalan bersama, berolahraga. Dan masih banyak kegiatan positif lain yang lebih bermanfaat ketimbang menonton televisi.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait