Tunda Pernikahan Sampai Biaya Cukup, Sebaiknya Bagaimana Ya?

TUnda Pernikahan karena Biaya

Pertanyaan

Assalamu’alaikum wr wb

Bagaimana kita bisa meyakini kalau dia itu jodohku atau bukan. Kita sudah ada rencana mau menikah tapi karena faktor biaya jadi kita tunda dulu sampai biaya itu cukup, apa yang harus kami kakukan?

Jawaban

Wa alaikumus salam wa rahmatullah

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Kamu mohon petunjuk dari Allah lewat shalat Istikharah. Lakukan terus istikharah hingga hatimu mantap menentukan pilihan. Kemantapan hati menentukan pilihan itulah petunjuk dari Allah. Bila masih ada keraguan di hati, berarti dia belum tepat untukmu.

Mengenai penundaan karena faktor biaya, harus ada batasan yang jelas mau sampai kapan. Karena ketika hati sudah cenderung mencintai, ditakutkan hal-hal yang tidak diinginkan dan melanggar syari’at menjadi sangat indah untuk dilakukan, padahal sebelum berproses dengannya, kamu sudah menjaga diri dan hatimu dengan baik.

Jika memang harus ada tahapan menunggu, ada 2 pilihan untuk kalian, yaitu:
1. Khitbah dulu untuk mengikatnya, dengan adanya batas waktu kapan akad nikah akan dilangsungkan.
2. Bebaskan ia.
Pasrahkan pada Allah, jika kalian berjodoh tentu akan dipertemukan Allah lagi, tapi tidak mengikatnya, memberikan kebebasan untuknya berproses dengan orang lain.

Dalam masa menunggu seharusnya kamu batasi komunikasi hingga tidak terjerumus dengan godaan setan.

Simak ulasaan 

Mau Nikah Tapi Belum Ada Uang, Bagaimana Solusinya?

Proses Pernikahan Menggantung Karena Permasalahan Biaya, Bagaimana Menghadapinya?

Jika khitbah dulu yang kamu pilih, karena rentang antara khithbah dengan pernikahan ternyata cukup jauh, maka harus tetap adanya upaya untuk saling menjaga diri dalam keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Karena dalam “masa menunggu” tersebut sangat mungkin muncul godaan-godaan untuk terjerumus pada pelanggaran syari’at ataupun godaan untuk berpaling kepada seorang calon yang lain, dan sebagainya.

Semoga jawabannya bisa membantu.

Artikel Terkait