Sang Istri Wajib Lakukan 5 Hal Ini Saat Dinyatakan Positif Hamil

Positf Hamil

Rasa gembira yang tak terhingga sepertinya akan selalu dirasakan seorang wanita saat dinyatakan bahwa dirinya sudah positif hamil. Bahkan tak jarang karena terlalu gembira terkadang membuat seseorang melupakan hal penting yang harus dilakukan setelahnya.

Jadi, untuk kalian para istri dan calon ibu, sebaiknya tetap stay cool dan lakukan langkah-langkah berikut setelah Anda dinyatakan positif hamil:

1. Hitung Hari Pertama dan Hari Terakhir Haid.

awal-akhir-datang-bulan
menghitung awal datang haid dan akhir haid image. via sehathamil.blogspot.com

Nah, setelah melihat testpack dan hasilnya positif, Anda biasanya akan penasaran untuk mengetahui sudah berapa lama usia janin Anda. Oleh karena itu, sebelum memeriksakan diri ke dokter kandungan, anda baiknya Anda menghitungnya sendiri. Hitunglah hari pertama dan hari terakhir haid dengan menggunakan Rumus Neagle. Mulailah menghitung hari pertama haid terakhir Anda dan masukkan ke dalam rumus, yakni: (Hari+7),(Bulan-3),(Tahun+1)

Sebagai contohnya, misalnya saja HPHT 5 September 2016, maka perkiraan tanggal persalinan adalah 12 Juni 2017. Dan, jangan khawatir, kalau kamu merasa ini sangat ribet, maka searching saja aplikasi penghitungan di internet yang banyak tersedia.

2. Pilih Dokter Kandungan.

dokter-kandungan
image. via rstrimitra.com

Kalau sebelumnya Anda sudah memiliki dokter atau bidan ‘langganan’, cobalah untuk memeriksa apa dia juga praktik di rumah sakit yang mudah dijangkau dari rumah atau kantor Anda. Karena ini penting untuk memudahkan Anda periksa rutin dan proses persalinan. Tapi jika belum memiliki dokter langganan, ada baiknya menanyakan pada ibu atau ibu mertua mengenai rekomendasi dokter kandungan yang memang cocok. Karena biasanya mereka akan memberikan informasi terbaik untuk anaknya, terlebih jika itu kehamilan pertamamu.

3. Beri Surprise Pada Suami.

istri-hamil
image. via muslimah-id.com

Saat memberitahu suami mengenai kehamilan Anda, Anda bisa melakukannya dengan memberikannya surprise. Bungkus test pack dengan rapi dan siapkan di pinggir ranjang tempat kalian tidur. Dan saat suami pulang bekerja, minta dia membuka hadiah khusus itu. Anda bisa memperhatikan wajahnya dari balik pintu dan lihatlah bagaimana ia melonjak karena sangat gembira.

4. Berhenti Mengkonsumsi Obat dan Kosmetik Kimia.

minum-obat-anjuran-dokter
image. via muhammadcank.wordpress.com

Ada hal yang harus Anda ubah saat hamil, salah satunya adalah berhenti mengkonsumsi obat-obatan tanpa anjuran dokter. Karena, saat seorang wanita hamil, maka obat akan berpindah dari Anda ke janin melalui saluran plasenta. Dan melalui plasenta ini lah janin menerima gizi dari sang ibu, jadi akan sangat berakibat buruk jika ibu mengkonsumsi obat tanpa anjuran dokter. Beberapa hal yang mungkin terjadi jika ibu hamil mengkonsumsi obat dan kosmetik kimia tanpa anjuran dokter adalah cacat bawaan bagi bayi, dan bisa menyebabkan kanker.

5. Periksa Riwayat Kesehatan.

periksa-kesehatan
image. via www.slideshare.net

Dan yang tak kalah penting untuk dilakukan saat Anda dinyatakan positif hamil adalah memeriksa riwayat kesehatan. Karena dengan mengetahui riwayat kesehatan Anda, pasangan, dan juga keluarga adalah cara untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan buruk akan penyakit yang mungkin saja menurun, dan menyiapkan kondisi bayi agar sehat.

Itulah hal penting yang dilakukan sang istri saat  hamil, agar senantiasa kesehatan kamu dan janin terjaga, sehingga terjauh dari hal-hal yang tidak diinginkan. amin…

Semoga bermanfaat…

 

Artikel Terkait