Waspadai 5 Bahaya Bedak Bayi Pada Bayi

waspada-bedak-bayi

Sudah menjadi kebiasaan dan perlengkapan wajib jika bedak bayi pasti akan selalu ada tak jauh dari bayi, bahkan saat ia baru lahir hingga besar. Namun, tahukah mom bahwa bedak bayi memiliki bahaya besar yang harus diwaspadai. Nah, mungkin tidak semua orangtua paham dan menyadari bahaya tersebut, terlebih untuk bayi yang baru lahir.

Tahukah mom bahwa penggunaan bedak bayi yang biasanya ditaburkan setelah mandi, di hampir semua bagian tubuh bayi ini sangat berbahaya, apalagi jika ditaburkan di muka. Karena tak jarang bayi-bayi yang baru mandi pasti dibedaki full oleh mommy nya seperti tepung gandum.

Jadi, perlu diketahui bahwa bedak bayi memiliki kandungan utama berupa talc yang mengandung silica magnesium. Batuan mineral yang ditaburkan ke atas permukaan tubuh ini akan menguap dan sebagian mengendap di tubuh. Nah, proses pengendapan tersebut dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya untuk kesehatan bayi, antara lain adalah akan menyebabkan:

1. Pneumonia

bedak-bayi
image. via medan.tribunnews.com

Mom, ketahuilah bahwa bedak yang ditaburkan pada bayi sebagian partikelnya akan mengendap dan menguap di udara. Proses talc yang menguap ini tentunya rentan terhirup oleh bayi sehingga hal ini akan menyebabkan penumpukan pada paru-paru. Dan, apabila kondisi tersebut berlangsung dalam jangka panjang maka kemungkinan akan menyebabkan gangguan saluran pernafasan paru-paru dan pneumonia.

2. Kematian Bayi

kesehatan-bayi
image. via www.johnsonsbaby.co.id

Mom pasti tidak akan menduka ya jika bedak bayi yang wangi dan lembut itu bahkan  bisa menyebabkan kematian pada bayi? Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, bahwa bedak bayi yang ditaburkan akan menguap dan mengendap di tubuh. Dan, partikel talc yang  menguap dan banyak terhirup oleh bayi ini kemungkinan bisa menyebabkan bayi keracunan hingga meninggal dunia.

3. Kanker Paru-paru

bedak-pupur
image. via surabaya.wartakesehatan.com

Pengendapan yang terjadi karena bedak bayi ini  jika terhirup dalam waktu lama dapat memicu timbulnya sel-sel kanker pada bayi yang masih lemah. Salah satunya adalah pada sistem pernapasan yang mengakibatkan kanker paru-paru.

4. Mengeringkan Selaput Lendir

memberi-bedak-pada-bayi
image. via tips–cepat-hamil.blogspot.com

Selain bahaya kanker paru-paru, bahaya lain yang bisa ditimbulkan dari bedak bayi adalah mengeringnya selaput lendir yang ada di dalam tubuh. Karena, jika terus menerus menghirup bedak tersebut maka lama kelamaan selaput lendir pada organ pernafasan bayi akan mengering. Padahal selaput lendir sangat diperlukan untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam tubuh.

5. Kesulitan Bernafas

mengoleskan-bedak-pada-bayi
image. via hamilplus.com

Hal lain yang harus diwaspadai oleh orang tua adalah penggunaan bedak bayi yang terus menerus bisa membuat bayi kesulitan bernafas, karena terlalu sering menghirup kandungan zat kimia dari bedak tersebut. Karena partikel dari bedak tabur yang halus ini bisa masuk menyusup ke dalam tubuh dan akhirnya menghambat jalan pernafasan.

Nah sekian dulu ya bahaya yang bisa ditimbulkan oleh bedak tabur pada bayi. Jadi waspada saat mom menggunakannya pada bayi, usahakan agar bedak tabur tidak digunakan pada area wajah. Karena bersih dan wanginya bayi tidak tercermin dari seberapa banyak bedak yang terpakai di wajah dan badannya.

Simak juga

Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Memilih Popok Kain Atau Popok Sekali Pakai Untuk Si Kecil

Sukses Mempersiapkan ASI Eksklusif Sejak Hamil Melalui 6 Hal Ini

Ini 3 Alasan Kenapa Makanan Pendamping ASI Baru Boleh Diberikan Setelah Bayi Berusia 6 Bulan

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait