Memang benar, banyak sekali manfaat pijat bayi. Awalnya memang terdengar suara si kecil terjaga dan menangis, padahal hanya selang beberapa menit saja si kecil  sudah tertidur lelap. Sehabis  digendong beberapa saat, ia menjadi lebih tenang dan tertidur kembali.

Kejadian seperti ini mungkin sudah familiar untuk Ayah Bunda. Supaya istirahat Bunda menjadi lebih tentram, memijat si kecil merupakan metode yang bisa menjadikan Si Kecil tidur dengan pulas dan tidak bertingkah yang terlampau banyak.

Baca juga : 10 Bagian Yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Ketika kontak fisik waktu digendong bisa menentramkan, lantas pijat untuk sudah pasti menghasilkan banyak sekali manfaat.

Manfaat pijat bayi antara lain :

1. Rangsangan untuk saraf pusat

Pijat yang dilakukan pada bayi diyakini akan merangsang sistem saraf pusatnya, lalu otak akan menghasilkan ekstra jumlah hormon serotonin yang bisa membuatnya nyaman dan juga menekan kortisol (hormon yang diproduksi ketika merasakan stres). Keadaan ini lalu menjadikan hembusan nafas dan denyut jantung pada bayi menjadi pelan, dengan begitu bayi akan merasakan kenyamanan.

Pernyataan ini dikukuhkan dengan penelitian yang mengatakan, manfaat pijat bayi diyakini bisa membantu Si Kecil tertidur lebih nyenyak, serta membuatnya tetap rileks sehingga dia akan jarang menangis dan tidak rewel. Memijat bayi juga bisa meringankan sakit perut, sembelit dan memperlancar buang air besar pada si kecil, loh.

Selain itu, pijat untuk bayi dikatakan mampu meningkatkan kekuatan dia terhadap bakteri yang berisiko. Walaupun kasus ini sampai sekarang membutuhkan kajian lebih dalam.

Keuntungan pijat untuk sang Buah Hati bukan hanya secara fisik. Tetapi, aktivitas ini bisa mendukung pertumbuhan secara emosional dan mempererat bounding antara anak dengan orang tuanya.

Baca juga : Takaran Pemberian ASI Untuk Bayi Dari Waktu Ke Waktu

Meraba dan menyentuh saat memijat bisa menjadi satu dari sekian metode komunikasi antara Si anak terhadap Ayah Bundanya yang menggembirakan. Salah satu teori menyatakan bahwa sentuhan dan kontak kulit dapat merangsang pertumbuhan otak pada bayi.

Untuk membantu bayi menjadi lebih tenang serta menjadikan cara pijat lebih mudah, saat mulai memijat bisa memakai baby oil atau lotion khusus kulit bayi.

Ketika orang tua mulai mengurut, usahakan mengucapkan kata-kata yang halus atau lagu yang meneduhkan. Pastikan pula untuk membuat kontak mata dengan Si Kecil saat memijat. Hal ini juga dikatakan bisa menolong ibu yang baru saja merasakan depresi sesudah persalinan atau postnatal depression.

Tidak dianjurkan memijat si kecil ketika kondisi belum makan, saat kenyang, sehabis makan, atau terlampau rapat dengan waktu tidur. Pilihlah waktu di tengah-tengah periode makan dan si kecil tak tertidur, sebab waktu yang tepat si kecil bisa merespon secara bagus saat dilaksanakan proses pemijatan.

Disamping waktu tersebut, si kecil juga bisa diurut sehabis mandi dan sebelum tidur malam. Menerima pijatan saat sebelum tidur malam akan membantu bayi tidur dengan pulas. Sehingga saat tertidur si kecil tidak akan rewel dan si kecil akan memiliki kualitas tidur yang maksimal. 

2. Manfaat Pijat untuk Bayi Prematur

Proses pemijatan untuk bayi yang terlahir prematur ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah bisa meningkatkan berat badan.  Karena stimulasi dari pemijatan tersebut bisa meningkatkan kadar enzim dan insulin sehingga penyerapan sari makanan menjadi lebih baik , dan proses pencernaan menjadi lebih optimal.

Bayi prematur yang dipijat maka denyut jantungnya dapat membuat lebih konsisten. Kemudian juga perkembangan otak yang tetap baik, serta kemajuan kepadatan tulang akan muncul untuk si kecil yang diurut.

Pemijatan untuk si kecil yang lahir secara prematur mempunyai daya tahan yang lebih pada saat merasakan sakit dan stres. Pada penelitian lain dikatakan, pijatan pada si kecil prematur memiliki efek yang positif jika dilakukan oleh ibunya ataupun ahli terapis.

Efek positif itulah yang menjadikan si kecil dengan lahir prematur yang dilakukan pada saat terapi pemijatan menjadi segera pulih serta dapat kembali ke rumah.

Bunda, mari optimalkan manfaat pijat bayi agar Si Kecil tidur lebih nyenyak dan tidak lagi rewel.

Baca juga : 9 Tahapan Perkembangan Pada Bayi Yang Penting Bunda Ketahui

Fanpage FB Arrahman.id