Doa ibu hamil merupakan salah satu yang menjadi andalan ibu saat hamil untuk mengharap dan meminta kekuatan kepada Allah SWT. Supaya Allah senantiasa memudahkan dan melancarkan mulai dari mengandung hingga 9 bulan dan saat melahirkan nanti.

Tentunya saat menjelang usia kehamilan trimester ketiga, mental ibu hamil sering kali melemah. Walaupun mereka tahu kalau untuk melewati persalinan dengan lancar harus dibutuhkan persiapan mental yang matang. Namun sering kali rasa cemas, khawatir, dan ketakutan ketika menjelang persalinan sering timbul dengan sendirinya yang membuat ibu hamil menjadi gelisah saat akan menuju ke persalinan.

Baca juga : Penyebab Bayi Terbangun Di Malam Hari, Karena 5 Alasan Ini

Untuk menguatkan mental ini, tentunya harus berpegang teguh kepada Allah. Tiada yang lain berharap kecuali hanya kepada Allah. Dengan senantiasa berdoa saat menuju persalinan dan meyakini bahwa Allah senantiasa memberi kemudahan kepada ibu hamil. Baik masih dalam keadaan hamil muda maupun keadaan akan melahirkan.

Doa Ibu Hamil Agar Selalu Dikuatkan Oleh Allah SWT

Kita sebagai umat muslim yang beragama tentu percaya jika doa memiliki kekuatan yang sangat dahsyat sebagaimana yang sudah tertulis dalam Al-Qur’an. Ketika dalam keadaan apapun diharapkan kita selalu ingat kepada Allah Sang Maha Besar yang telah menciptakan langit dan bumi.

Seperti yang sudah tertulis dalam Q.S Al-Hasyr Ayat 1 Berikut :

سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

sabbaḥa lillāhi mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, wa huwal-‘azīzul-ḥakīm

Yang memiliki arti :

“Apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi bertasbih kepada Allah; dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana. “

Doa bisa menguatkan mental ibu yang sedang mengandung dan menenangkan batin serta jiwa ibu hamil. Bukan hanya ibu yang sedang hamil, semua orang dalam keadaan apapun semestinya selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk keselamatan di dunia dan di akhirat kelak. Untuk menghadapi persalinan doa ibu hamil sangatlah dibutuhkan dan berikut beberapa doa menjelang persalinan yang sebaiknya ibu hamil juga orang disekitarnya melafalkan pada saat-saat tertentu agar Allah SWT dapat mengkaruniakan keselamatan pada ibu hamil dan bayi yang nantinya dilahirkan.

1. Doa Ibu Hamil Untuk Menjelang Persalinan Normal

Disaat menjelang persalinan yang normal Anda dapat membaca doa-doa di waktu senggang. Doa ibu hamil berikut ini juga berguna untuk memohon pada-Nya agar Anda dikaruniai anak yang baik, shaleh atau shalehah berbakti pada orangtuanya. Bukan hanya Anda, suami pun sebaiknya membaca doa menjelang persalinan atau selama kehamilan ini terutama sesaat setelah menunaikan shalat.

Baca juga : Produksi ASI Bunda Agar Berlimpah, Lakukan Cara Ini!

Doanya sebagai berikut :

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinaa qurrota a’yun waj’alna lilmuttaqina imamaa”

Artinya :

“Ya Allah, anugerahkanlah pada kami, istri-istri dan keturunan-keturunan yang bisa sebagai penenang hati. Dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa”.

2. Doa Saat Mulai Merasakan Tanda Persalinan

Saat menjelang persalinan sebaiknya Anda sering-sering melafalkan doa menjelang persalinan berikut ini :

حَنَا وَلَدَتْ مَرْيَم وَمَرْيَمْ وَلَادَتْ عِيْسَى اُخْرُجْ اَيُهَا الْمَوْلُوْدْ بِقُدْرَةِ الْمَلِكِ الْمَعْبُوْدْ

“Hannaa Waladat Maryama, Wa Maryama Waladat Iisaa, Ukhruj Ayyuhal Mauluudu Biqudrotil Malikil Ma’buudi”

Yang mempunyai arti :

Hana telah melahirkan Maryam, sedangkan Maryam sudah melahirkan Isa. Maka, keluarlah hai anakku dengan sebab kekuasaan Allah yang disembah.

Selain ibu yang akan melahirkan, suami serta keluarga yang di sampingnya juga bisa membantu untuk melafazkan doa ini dan memberikan semangat agar proses persalinan berjalan lancar.

Baca juga : Mengonsumsi Durian ketika Hamil, Amankah?

3. Doa Setelah Melahirkan

Setelah sang buah hati tercinta telah lahir. Mintalah suami Anda untuk mengadzaninya. Setelah itu lafalkan doa berikut ini di telinga kanannya dengan berbisik pelan.

إِنّى أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ ( آل عمران اللهم بارك لنا ولهذا الولد في حياته وطول عمره بطاعتك يا ارحم الراحمين

Sebagai berikut lafadz nya :

“Innii u’iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minas syaithoonir rojiimi, Allaahumma baarik lanaa wa lihaadzal waladi fii hayaatihii wa thowwil ‘umrohuu bi thoo’atika Yaa arhamar Roohimiin”.

Yang mempunyai arti sebagai berikut :

“Sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia, serta anak-anak keturunannya kelak kepada Engkau dari godaan dan muslihat setan yang terkutuk. Dan berikanlah keberkahan pada kami dan anak ini, dan panjangkanlah umurnya dengan senantiasa taat kepada-Mu wahai Dzat Yang Maha Penyayang.”

Demikianlah doa ibu hamil, baik doa pada saat hamil hingga doa menuju persalinan. Yang harus diingat bahwa tidak hanya istri yang harus mengetahui doa ini, akan tetapi sang suami juga harus mengetahui agar bisa membantu istrinya dan senantiasa berdoa Bersama. Semoga bermanfaat bagi Anda dan menjadi amal jariyah bagi kami. Aamiin

Baca juga : Takaran Pemberian ASI Untuk Bayi Dari Waktu Ke Waktu

Semoga bermanfaat….