Menikah adalah sebuah hal yang sangat sakral. Menikah tidak boleh untuk main-main saja. Apalagi hanya untuk melampiaskan hawa nafsu semata. Tetapi menikah juga tidak seseram itu jika Allah yang menghendaki. Beberapa waktu lalu kita sering mendapati tagar #nikahinatauputusin atau #putusataumenikah di social media, lengkap dengan meme lucunya yang bikin beberapa anak muda, terlebih yang belum menikah langsung baper dengan berbagai macam tagar dan meme yang viral tersebut.

Tapi memang sih, pada kenyataannya menikahi atau meminang seseorang yang dicintai adalah satu bukti kuat bahwa dia memang benar-benar mencintaimu, dan ingin menjalani sebuah hubungan yang penuh dengan ibadah nan suci. Karena memang sebuah pernikahan membawa kita menuju surganya Allah SWT. Tanpa sebuah hubungan pernikahan, menjalani sebuah hubungan tanpa status yang sah secara hukum dan agama hanya akan membuat kita terlena. Bahkan hingga lupa kalau kita sedang bermaksiat. Terlebih jika kita mengingat bahwa setan yang menjadi pihak ketiga itu selalu mondar mandir mengikuti kemanapun kita pergi. Maka dari itu, lebih baik sebelum menikah untuk menghindari berduaan dengan yang berlawanan jenis untuk menghindari godaan setan.

Baca juga : Bagaimana Hukumnya Menikah Di Bulan Haji?

Seorang pria sejati tentu mengetahui hal ini, dan jika memang dia benar-benar mencintaimu, maka dia akan berani mendatangi walimu dan meminangmu untuk menjalin hubungan yang Sah di mata Allah SWT yang tentunya akan selalu membawa suatu berkah dalam hidup. Tak perlu merasa khawatir dan takut ataupun bimbang dengan langkah yang akan diambil, karena jika niat kita memang baik, tentu semua hal akan dimudahkan oleh Allah SWT. Terus tanamkan didalam hati keyakinan tersebut, maka Allah tidak akan ingkar janji kepada hamba-Nya yang selalu berdoa dan selalu meminta.

Jangan sampai seorang pria hanya bisa mengumbar rayuan dan pujian dengan alasan cinta, namun tidak dalam hubungan yang halal, karena hal itu hanya akan membuat kita semakin terjerumus dalam dosa, mengingat wanita adalah makhluk yang lemah terhadap pujian dan sanjungan.

Baca juga : Taaruf – Wajib Ajukan 7 Pertanyaan Ini

Lantas bagaimana jika kita tetap menjalin hubungan sebelum menikah?

menikah

Mungkin ada banyak wanita yang mengenakan hijab dan sesungguhnya hijab itu bukan untuk fashion semata, namun pada sadarnya hakikat hijab berfungsi untuk menjaga kehormatannya sebagai seorang wanita. Jadi, jangan sampai seorang pria membuat wanita terlena dalam rayuan hingga rela melepaskan kehormatannya sebelum waktunya tiba. Karena pria yang baik pasti akan selalu menjaga kehormatan wanita yang dicintainya, bukan malah membawa pada kenistaan semata yang pada dasarnya merupakan godaan dari setan yang selalu mencoba untuk menjerumuskan manusia. Jadi, jika seorang pria memang ingin menjaga wanita yang dicintainya secara utuh, segera datangi walinya dan pinanglah wanitamu. Jangan resah, serahkan semuanya kepada sang pencipta segala isi alam semesta. Maka akan Allah lancarkan jalannya. 

Atau mungkin para pria berpikir bahwa wanita yang ia cintai belum cukup sempurna untuk dijadikan istri?

Ingatlah bahwa setiap manusia pasti memerlukan proses belajar dan tidak ada sebuah kecerdasan yang terjadi begitu saja atau kecerdasan instan untuk menghadapi sebuah problematika dalam hidup dengan cepat. Jika kamu memang sungguh-sungguh mencintai dan meminangnya, maka tugasmu lah untuk membimbingnya menjadi sosok wanita terbaik. Membina suatu hubungan rumah tangga adalah sebuah kerja sama berdua. Bekerja dan belajar dari setiap kejadian yang menghiasi sebuah lika-liku kehidupan berumah-tangga. Pendewasaan seseorang juga membutuhkan proses, jika kamu yakin kepada wanita yang kamu cintai maka perjuangkanlah hingga maut yang memisahkan.

Jadi tunggu apa lagi? Menikah untuk membuktikan kesungguhanmu mencintainya, atau memutuskannya karena kamu tak perlu memperbanyak dosa untuk diemban. Jangan tunda menikah jika sudah mempunyai kesiapan mental, fisik dan lahir batin. Apalagi menggantung terlalu lama perasaan orang lain yang justru akan menimbulkan fitnah dan dosa karena menyakiti hati orang tersebut. Mantapkan hati, terus meminta kepada Allah untuk selalu diberikan kemudahan dalam meminang calon istri. 

Baca juga : 5 Kewajiban Istri Kepada Suami

Like Fanpage FB Arrahman.idArrahman.id