Bayi terbangun di malam hari mungkin sudah menjadi hal biasa. Meskipun beberapa baby bisa tidur hingga 10-12 jam tanpa terbangun sejak usia 3-4 bulan, sebagian besar anak kurang dari 1 tahun akan terbangun dan menangis di malam hari mencari orangtuanya. Adapun mengenai hal ini masih banyak alasan lain yang menyebabkan anak kecil bangun di malam hari. Oleh sebab itu berikut ini beberapa alasan mengenai alasan baby bangun di malam hari. Berikut ini alasanya.

1. Siklus tidur bayi

Siklus tidur bayi

Siklus tidur yang baik adalah tergantung jadwal tidur anak Anda, dan harus diperhatikan.

Sebagian besar anak kecil terbangun di malam hari terutama disebabkan oleh perubahan gelombang otak dan perubahan siklus tidur dari kondisi REM (Rapid Eye Movement) ke fase tidur non REM.

2. Gelombang otak bayi

Gelombang otak bayi

gelombang otak pada usia 6 bulan keatas mirip dengan pola gelombang otak dewasa

Mayoritas baby benar-benar mampu untuk tidur terlalu lama hingga lebih dari 6 jam lamanya hingga usia 6 bulan. Sebagaimana di kutip dari dr. Chen, “ Saat melakukan penelitian mengenai tidur, kami mempelajari aktivitas gelombang otak”. Setelah usia 6 bulan, ia mengatakan, “Kami melihat bahwa gelombang otak pada usia 6 bulan keatas mirip dengan pola gelombang otak dewasa”.

Sehingga tidak berarti anak kecil yang terbangun di malam hari merupakan hal yang abnormal, namun hal itu menunjukan sebuah tanda kemajuan pada bayi, yang menjadi semakin matur saat tidur.

3. Menangis merupakan bagian dari hidup bayi

bayi nangis saat tidur malam hari

Banyak dokter anak yang merekomendasikan untuk membiarkan anak kecil sedikit demi sedikit belajar untuk menenangkan dirinya sendiri atau membiarkan menangis ketika ia sudah memiliki kemampuan menenangkan dirinya dengan berbalik posisi, menyedot jari atau tangan dan meningkatkan gerakan dimulai pada usia 4-6 bulan.

4. Peran ayah dan ibu pada malam hari

Peran ayah dan ibu pada malam hari

Penelitian telah mengevaluasi bagaimana orangtua dapat mengubah tidur baby. Beberapa studi mendapatkan bahwa gangguan tidur pada baby dipengaruhi oleh beberapa kali orangtuanya menenangkannya pada malam hari. Makin sering orangtua berada di ruangan hingga baby tidur, makin sering  orangtua meletakkan baby di ranjang setelah baby tidur, dan makin sering orangtua mengangkat babynya pada malam hari, maka si buah hati akan cenderung lebih mengalami bangun pada malam hari.

5. Tumbuh kembang

Tumbuh-kembang-bayi

Perkembangan akan mengubah tidur seorang anak kecil, setelah usia 4 bulan sebagian besar anak kecil akan memiliki periode tidur yang panjang dan kemudian terbangun setiap beberapa jam karena adanya perubahan siklus tidur.

Simak juga “Sudut Pandang Bayi Dapat Dipahami Dari Perspektif Ini

Simak juga “Orang Tua Saat Mengajarkan Disiplin Kepada Si Kecil Ada 5 Kesalahan

Like Fanpage FB Arrahman.idArrahman.id

Semoga bermanfaat…